:: Hot News

Bakat Saja Tidak Cukup
Posted On : 17-10-2010
View : 2281 times

Ajang mengadu bakat

Dunia sedang dilanda demam "Got Talent". Termasuk Indonesia yang  sedang hot  dengan Indonesia Mencari Bakat, Indonesia's Got Talent, Voice of Indonesia. Sebelumnya sudah ada Indonesian Idol. Acara-acara sejenis ini memberikan kesempatan kepada siapa saja yang merasa memiliki bakat di bidang entertainment untuk menunjukkan kebolehannya di depan publik, dan pemenangnya dipilih juga oleh publik melalui sms. Jika bisa masuk grand final, apalagi sampai jadi juara,  hidup pun berubah drastis. Selain mendapat hadiah besar, juga mendapat kontrak tampil di tempat elite. Bagi penyanyi dan pemusik, juga mendapatkan kontrak rekaman. Pemenang pertama Britain's Got Talent mendapatkan hadiah  £ 100.000, setara Rp 1,4 miliar! Dan mendapat kesempatan tampil dalam acara Royal Variety Performance di hadapan keluarga kerajaan, termasuk Ratu Elisabeth!  Dalam waktu sangat singkat, hanya beberapa bulan, seseorang yang no-one menjadi some-one, dari  "bukan siapa-siapa" menjadi terkenal!  Tidaklah mengherankan jika audisi awal diikuti hingga puluhan ribu orang. Bahkan banyak juga yang mencoba mengadu nasib dengan hanya bermodalkan nekad!

Salah satu peserta paling fenomenal dalam ajang  pencarian bakat ini adalah Susan Boyle. Wanita Skotlandia ini termasuk salah satu peserta "berusia lanjut" dalam kompetisi yang kebanyakan diikuti remaja dan orang muda. Usianya sudah 47 tahun ketika ia tampil di Britain's Got Talent bulan April 2009. Dengan tampang dan potongan tubuh yang tidak komersil, diawali dengan sinisme penonton dan juri (termasuk Simon Cowell, yang dikenal sebagai juri kritis American Idol), ia mampu memukau seluruh hadirin dan membuat terperangah ketiga juri melalui lantunan lagu "I Dreamed a Dream". Keesokan harinya, video penampilan Susan di YouTube ditonton lebih dari 11 juta orang! Dalam satu minggu lebih dari 34 juta orang. Aktris top Demi Moore yang menyaksikan video penampilan Susan,  mengatakan ia menangis terharu. Banyak orang juga demikian, termasuk saya, meskipun telah melihatnya puluhan kali. Jika saya menampilkan video itu di seminar, saya tidak berani melihatnya lama-lama, dan mengalihkan mata saya ke audience.  Bagi Anda yang belum menyaksikannya, silakan ketik namanya di internet.  Penyanyi yang dulunya hanya bernyanyi di gereja dan karaoke, kini terkenal di seluruh dunia. Susan yang "hanya" menjadi juara II pada grand final BGT 2009 lebih terkenal daripada kelompok remaja Diversity yang menjadi juara I pada seri ketiga BGT ini.

Mengenali bakat Anda

Berbahagialah Anda yang tahu bakat Anda dan sudah mengembangkannya, sehingga  Anda termasuk 10% terbaik di bidang profesi Anda. Banyak orang tidak mengenali bakat mereka. Mereka menekuni dan membangun karir di bidang yang salah, bukan di bidang yang menjadi kekuatan mereka,  sehingga kinerjanya hanya rata-rata saja sekeras apapun mereka berusaha. Mega bintang bola basket  Michael Jordan pernah mengundurkan diri dari dunia bola basket pada puncak karirnya. Ia beralih menjadi pemain baseball, olahraga yang juga sangat  populer di AS. Di baseball, prestasinya tidak sehebat di bola basket. Dua tahun kemudian ia kembali ke bola basket, kembali membawa timnya Chicago Bull menjadi juara, dan ia kembali terpilih sebagai pemain bola basket NBA terbaik.

Bagaimana mengenali bakat terpendam? Anda bisa minta bantuan ahli psikologi. Atau  cara mudah dan gratis adalah minta masukan dari anggota keluarga dan teman-teman Anda. Menurut mereka di bidang apa Anda melakukan pekerjaan lebih baik daripada rata-rata orang lain? Itulah bakat Anda. Jika Anda selalu diminta menjadi pemimpin acara atau bernyanyi pada peristiwa di kantor atau keluarga,  itu berarti Anda memang lebih baik diantara kerumunan sekelompok orang. Orang selalu mencari mereka yang memiliki kemampuan lebih, bukan yang hanya rata-rata saja. Seseorang pasti tidak mau dioperasi (seandainya harus terjadi) oleh dokter yang kemampuannya pas-pasan kan?

Setiap orang diciptakan Tuhan dengan tujuan tertentu, dan tentu saja IA melengkapi kita dengan talenta untuk melaksanakan misi yang sudah dirancangNYA bagi kita. Kalau Tuhan merencanakan Anda untuk menjadi penulis, tapi Anda berkarir sebagai petinju, boleh jadi Anda  akan menjadi petinju yang paling sering dipukul KO!

Dalam Hot News 29-3-2010 berjudul "Jangan Pusingkan UN", saya menuliskan ada 11 kecerdasan yang dimiliki manusia. Kecerdasan mana yang menonjol pada diri Anda? Sesuaikah dengan profesi yang sedang Anda tekuni?

Bakat perlu dikembangkan

Batu berlian yang digali dari tambang memang berharga, namun baru menjadi perhiasan indah yang disukai wanita (dan sedikit pria) jika sudah dipotong dan diasah secara khusus, kemudian dikombinasikan dengan cincin, kalung, anting, arloji dan barang perhiasan lainnya.

Bakat adalah potensi karunia Tuhan bagi setiap orang. Namun, bakat saja tidak cukup. Bakat yang dimiliki Susan Boyle nyaris saja tidak dikenal luas, tidak menghasilkan apa-apa.  Setelah memenangkan beberapa kompetisi lokal, ibunya mendorong ia untuk ikut kontes menyanyi di depan audience yang lebih besar. Ia pernah mengundurkan diri dari audisi  The X Factor karena menurutnya orang lebih memilih berdasarkan penampilan luar. Ia juga hampir mengundurkan diri dari  audisi Britain's Got Talent, karena merasa dirinya sudah terlalu tua. Berkat dorongan pelatihnya dan penghormatan kepada ibunya yang telah meninggal dua tahun lalu, ia memberanikan diri tampil. Setelah itu ... kisah sukses Susan Boyle. Album pertamanya "I Dreamed a Dream" yang dirilis 23 November 2009 hanya dalam enam minggu terjual 9 juta copy! Dan tercatat di Guinness World Record sebagai artis wanita pendatang Inggris yang penjualan albumnya tercepat, penjualan paling sukses dalam minggu pertama, juga artis pendatang tertua yang album perdananya bisa menduduki ranking nomor satu di Inggris. Pada 19 Januari 2010 ia tampil di acara Oprah Winfrey Show, yang membuat ia semakin terkenal di AS dan dunia. Di Mei 2010, majalah Time menobatkannya di  nomor 7 orang  yang paling memberi pengaruh pada  dunia, 14 nomor diatas Presiden AS - Barack Obama, dan 57 nomor diatas Presiden Perancis- Nicolas Sarkozy.

Pelajaran yang bisa kita peroleh dari kisah Susan Boyle adalah jangan mencemaskan kekurangan, kembangkan kekuatan kita, yakin dengan diri kita, persiapkan diri dengan baik untuk memanfaatkan  kesempatan yang muncul , dan miliki keberanian untuk menghadapi tantangan. Juga...tidak pernah terlalu tua (atau terlalu muda) untuk memulai sesuatu.

Mungkin terinspirasi oleh Susan Boyle, Janey Cutler yang juga berasal dari Skotlandia ikut audisi GBT Mei 2010, dan mendapatkan standing ovation dari penonton dan tiga "yes" dari juri (termasuk Simon Cowell) ketika ia menyanyikan lagu "No Regret". Usianya 81 tahun!

Bakat-Plus

young drumerDalam bukunya "Talent Is Never Enough", John C. Maxwell mengatakan kita harus menjadi orang "Talent-Plus ".  Bakat baru bisa memberikan hasil cemerlang, jika ditambahkan dengan:

  1. Keyakinan: Yakin pada potensi Anda, yakin pada kemampuan Anda, dan yakin pada hal yang sedang Anda kerjakan, akan mengangkat bakat Anda ke level yang lebih tinggi.
  2. Kecintaan: Kecintaan pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan akan memberikan energi pada bakat Anda, karena Anda akan selalu bersemangat.
  3. Inisiatif: Jangan menunggu sampai semua keadaan menjadi baik baru bertindak, ambil inisiatif untuk memulai. Inisiatif adalah langkah pertama menuju tujuan Anda, inisiatif menutup pintu ketakutan Anda, inisiatif membuka pintu peluang Anda, inisiatif membuat kesulitan menjadi lebih mudah diatasi, inisiatif membuat perbedaan antara Kesuksesan dan Kegagalan.
  4. Fokus: Arahkan upaya dan berikan prioritas pada bidang yang menjadi kekuatan Anda. Jangan  mengerjakan banyak hal yang bukan bakat Anda, itu hanya memboroskan waktu dan energi Anda.
  5. Persiapan: Persiapan memungkinkan Anda selalu berada dalam situasi untuk memanfaatkan setiap peluang yang muncul. Peluang tidak bisa menunggu Anda.
  6. Praktek: Tingkatan yang Anda capai mencerminkan praktek yang telah Anda lakukan. Semakin sering Anda berpraktek, semakin terasah bakat Anda. Practices make perfect!
  7. Ketekunan: Banyak orang yang  menyerah karena berbagai rintangan tidak menyadari mereka sudah begitu dekat dengan keberhasilan. Ketekunan memberikan Anda daya tahan, ia menopang bakat Anda.
  8. Keberanian: Keberanian menguji bakat Anda. Tidak mungkin Anda bisa menjadi nakoda kapal yang dihormati jika Anda tidak berani menghadapi badai samudera.
  9. Kesediaan diajar: Permasalahan orang berbakat adalah merasa dirinya sudah tahu segalanya. Kesediaan diajar merupakan sikap mau mendengar, mau belajar dan mau menerapkannya. Orang yang berhenti belajar, berhenti menjadi lebih baik. Kesediaan diajar memungkinkan bakat Anda berkembang.
  10. Karakter: Banyak orang berbakat menjadi pusat perhatian, tapi yang mengabaikan pengembangan karakter  kuat jarang bisa bertahan lama. Orang berbakat merupakan berkat bagi dunia, karakter akan menjaga berkat tersebut.
  11. Relasi: Relasi mempengaruhi bakat Anda. Ada yang membuat Anda menjadi lebih baik, ada yang sebaliknya. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memberikan nilai tambah pada Anda dan  yang memberikan dorongan pada Anda, sehingga bakat Anda berkembang kearah yang positif.
  12. Tanggungjawab: Gagal memikul tanggungjawab membahayakan dan menyusahkan diri Anda, juga orang-orang lain. Jika Anda ingin sukses, bertanggungjawab harus menjadi pilihan Anda, jangan mengabaikannya.
  13. Kerjasama tim: Sebesar apapun bakat Anda, tetap ada kekurangan pada diri Anda. Ada hal-hal yang Anda tidak bisa melakukannya dengan baik. Bermitra dengan orang yang memiliki kekuatan di bidang tersebut akan menutupi kekurangan Anda. Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang benar-benar hebat, jadilah bagian dari sebuah tim.

Bakat saja tidak cukup. Jadilah orang "berbakat plus", sehingga Anda menambah nilai diri Anda, menambah nilai pada orang lain, sehingga bisa mencapai lebih banyak dari yang Anda bisa bayangkan.

Salam Brilian!

Jim Mintarja, Founder & Master Coach 'ACME International'

 

Artikel sebelumnya :

• Belajar dari Mandela
• Pergaulan Mengubah Diri Anda
• Bersikap Dewasa
• Integritas sebagai Cermin Diri Anda
• Jika Bisa Memimpin Kuda, Anda Bisa Memimpin Orang
• Hindari Jerat-Jerat Kehidupan
• Jangan Sia-Siakan Waktu Tersisa
• Bersiap Menghadapi Krisis 2011
• Anda Layak menjadi Pemimpin?
• Anak Belajar dengan Kasih
• Memberdayakan Orang Terbaik
• Jangan Pusingkan UN
• Saatnya untuk Berani Memulai
• Dibalik Runtuhnya Japan Airline
• Kekuatan dari Kasih & Kebersamaan
• Karakter Lebih Penting daripada Reputasi
• Jalan Aman Menuju Sukses
• Belajar dari Orang Sukses
• Faktor Utama Menuju Sukses
• Anda Bisa Ikut Membangun Dunia yang Lebih Baik
• Kehidupan Sukses yang Seimbang
• Mengembangkan Jiwa Entrepreneurship
• Menghadapi Seleksi Alam
• Solusi di Masa Krisis
• Menjadi Bangsa yang Semakin Dewasa
• Pikir dahulu keuntungan, sesal kemudian tak berguna…
• Kapan Krisis Berakhir?
• Bersiap Menghadapi Kemungkinan Terburuk
• Berkompetisi dengan Sehat
• Menciptakan Peluang dari Badai Krisis
• Pengusaha yang tidak beretika
• Perusahaan mana yang paling aman untuk berkarir?
• Semangat Pantang Menyerah
• Bangsa yang Ingin Berubah
• Bangsa Berkarakter Unggul