:: FAQ

Bisnis apa yang sebaiknya saya jalankan, jika hanya mempunyai sedikit uang untuk modal?
View : 834 times

Sebaiknya di bidang jasa, terutama jika Anda mempunyai pengetahuan, keahlian atau ketrampilan khusus yang "laku dijual". Banyak yang hanya membutuhkan sedikit peralatan kerja dan tidak perlu sewa tempat yang mahal. Misalnya: les privat, les berenang, mengajarkan ilmu bela diri, jasa perawatan dan perbaikan peralatan rumah tangga (TV, AC, lemari es, pompa, dll), pengecatan rumah/bangunan, pembuatan dan perawatan taman, pelatihan anjing, dll. Jika Anda sendiri tidak memilikinya, Anda bisa mengajak orang yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan khusus sebagai mitra Anda. Jika tidak mau bermitra dengan orang lain, pilih satu bidang yang Anda minati (dan ada pasarnya), kemudian mempelajarinya melalui pelatihan, kursus, buku dan magang, hingga Anda menguasainya.

Bidang bisnis lainnya yang tidak memerlukan banyak uang sebagai modal adalah yang berhubungan dengan kerajinan tangan, memanfaatkan limbah atau barang bekas.

Perlu diketahui, uang hanya salah satu modal untuk memulai bisnis. Modal yang lebih utama adalah mampu mencari peluang, kreatif, jujur, bersedia kerja keras dan tidak mudah menyerah. Dan yang ini tidak bisa Anda pinjam dari orang lain.