:: FAQ

Banyak bisnis UKM yang gagal. Bagaimana caranya agar saya tidak mengalami nasib yang sama?
View : 850 times

 

Menurut penelitian di AS, bisnis UKM yang tutup pada tahun pertama = 40%, tutup pada tahun kedua hingga kelima = 48%, tutup pada tahun keenam hingga kesepuluh = 10%, yang mampu bertahan diatas 10 tahun = 2%.

Kegagalan bisnis UKM dikarenakan:

  • Keliru memilih bisnis: Mencari yang kelihatannya "mudah" (seperti bisnis makanan, bisnis pakaian, hampir semua orang merasa mampu menjalani bisnis ini); "me too" (ikut-ikutan), mengikuti nasihat yang keliru (jangan mendengarkan nasihat orang yang belum pernah berbisnis!)
  • Pengetahuan yang minim mengenai bisnis: Berbisnis bukan hanya membuat barang, tetapi juga mencakup memasarkan, membangun hubungan dengan pemasok dan distributor, mengurusi keuangan dan administrasi, mengurusi manusia.
  • Tidak mau belajar: Merasa sudah mengerti apa yang harus dilakukan, tidak mau mendengarkan masukan pelanggan, tidak mau mempelajari keberhasilan dari pengusaha sejenis.
  • Tidak memiliki "jiwa pelayanan": hanya ingin mengeruk keuntungan, tidak memikirkan dan melakukan hal-hal untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

Jika Anda melakukan kebalikan dari faktor-faktor kegagalan diatas, Anda pasti berhasil!

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International