:: FAQ

Saya sudah menaikkan gaji karyawan, bahkan juga memberlakukan sanksi administrasi, tetapi mengapa efeknya hanya sebentar saja? Dan banyak dari mereka tetap tidak maju-maju?
View : 928 times

 

Sistim ‘reward and punishment' memang kurang efektif, karena hanya memberi efek sementara bagi banyak orang, dan motivasi ini berasal dari luar dirinya, bukan tumbuh dari bagian dalam dirinya. Pada tahap awal menerima gaji yang lebih besar, mereka gembira dan termotivasi bekerja lebih baik. Namun setelah beberapa bulan kemudian, besarnya gaji baru ini bukan lagi "baru", tapi sudah gaji biasa.

Demikian pula dengan hukuman, awalnya tidak enak, ada perasaan malu pada teman-teman. Hukuman yang berulang-ulang akan membuat mereka menjadi "kebal". Jika yang terkena hukuman bukan hanya dirinya saja, dan lama-lama teman senasibnya semakin banyak, maka mereka merasa tidak ada yang perlu dimalukan lagi. Apalagi jika pengawasnya tidak di tempat, maka berlakulah "jika tidak ada kucing, sesama tikus akan berpesta pora."

Motivasi yang efektif dan yang bisa bertahan permanen harus berasal dari dalam dirinya sendiri. Ada kesadaran dan kemauan untuk berubah, mau menjadi manusia yang semakin baik, semakin berkualitas. Atasan atau pimpinan perusahaan bisa menjadi 'mitra' perubahan mereka, karena pada dasarnya manusia tidak suka dan takut dengan perubahan. Berganti rute perjalanan dari rumah ke kantor pun banyak orang tidak mau.

 

Jadilah atasan yang mau perduli dengan masa depan mereka, mau menyemangati mereka, mau memberi kesempatan maju kepada mereka. Jika Anda perduli kepada mereka, mereka juga perduli dengan Anda. Kepemimpinan bukanlah kekuasaan. Jika Anda menggunakan kekuasaan, karyawan akan takut pada Anda, bukan hormat kepada Anda. Karyawan yang bekerja dalam ketakutan tidak mungkin bisa berprestasi. Berikan penilaian dan perlakukan mereka dengan fair.

 

Jika Anda sudah menjadi pemimpin yang baik, karyawan Anda masih 'payah'. Jangan-jangan memang salah rekrutmen, dia tidak kompeten bekerja untuk Anda. Daripada tekanan darah Anda naik, berhentikan baik-baik, dan cari penggantinya yang memenuhi kualifikasi perusahaan Anda.

 

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International

 

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa lihat "program seminar dan worksop Motivation" kami.