:: FAQ

Saya sudah mempunyai ide bisnis, tetapi tidak tahu harus memulainya dari mana?
View : 969 times

Semua bisnis ada kemungkinan berhasil dan gagal. Jika pada awal Anda tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari agar bisnis Anda bisa berhasil, maka kemungkinan besar Anda akan berhasil. Buatlah suatu pedoman kerja (rencana bisnis) yang mencakup '6P + 1C':

  • Product: Apa yang harus dilakukan agar barang/jasa Anda mempunyai ‘kelebihan' yang bisa menarik calon pembeli.
  • Prospect: siapa yang menjadi pembeli sasaran (anak-anak, remaja, dewasa, lansia, pria-wanita, tingkat penghasilan, dll).
  • Promotion: bagaimana  caranya agar produk Anda diketahui calon pembeli, dan menarik minat mereka.
  • Place: dimana lokasi usaha (di rumah sendiri, lokasi khusus di mal, perkantoran, pasar, dekat sekolah, dll), menyewa, menumpang atau bermitra dengan pemilik tempat. Ataukah dengan sistim jaringan.
  • Price: berapakah harga yang bersedia dibayar pembeli, berapa harga pesaing dan berapa keuntungan yang Anda harapkan.
  • Person: siapa yang akan mengelola bisnis Anda: Anda sendiri? Jika menggunakan karyawan, kualifikasi apa yang harus dimiliki.
  • Capital: Dari mana  modal usaha, apakah dengan uang sendiri, meminjam, bermitra dengan saudara/kerabat/teman, kredit pemasok.

Rencana Bisnis ini merupakan ‘road map' (peta) Anda dalam menjalankan bisnis. Anda tidak perlu membuatnya terlalu lengkap dan mendetil pada tahap awal, bisa dilengkapi dan direvisi sambil berjalan. Rencana Bisnis ini juga berguna jika Anda ingin meminjam uang atau mengajak mitra bisnis.

Untuk informasi tambahan Anda bisa lihat "program seminar dan workshop" Entrepreneurship kami

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International