:: FAQ

Saya sudah bekerja dengan baik, rajin dan jujur, tetapi sulit mendapatkan promosi. Sedangkan ada teman kuliah saya yang kemampuan akademisnya hanya biasa-biasa saja sekarang sudah memiliki jabatan bagus melebihi saya. Kenapa bisa begitu?
View : 862 times

Banyak faktor yang mempengaruhi perjalanan karir seseorang. Untuk mendapatkan promosi jabatan, harus ada atasan yang mempromosikan Anda, dan Anda sendiri harus mampu mempromosikan diri Anda kepada atasan. Atasan Anda adalah manusia, dia merasa lebih "dekat" dengan orang yang dikenalnya, dan lebih sering teringat pada orang yang dekat dengannya daripada orang yang "jauh" yang kurang dikenalnya. Bagaimana mempromosikan diri Anda, membuat Anda lebih "dekat" dan lebih "dikenal"  atasan Anda (... tanpa menjilat)?

  • Selalu memikirkan ide-ide baru untuk meningkatkan hasil/mutu perusahaan. Presentasikan dengan baik ide-ide Anda sehingga mampu menarik perhatian atasan Anda (kalau perlu, belajar tehnik presentasi).
  • Jika ada artikel yang menarik di koran atau majalah yang berhubungan dengan bisnis perusahaan, gunting dan berikan kepada atasan Anda, ajak beliau diskusikan manfaat yang bisa diperoleh.
  • Berani tampil atau menawarkan diri untuk mengerjakan suatu tugas (acara HUT kantor, gathering, rapat tahunan, seminar, dll).

Jika Anda bisa "mempromosikan" diri dengan baik, ditambah dengan sudah bekerja baik, rajin dan jujur, tidak ada yang bisa menghambat Anda mendapatkan promosi. Pasti! Tetapi, jika budaya perusahaan tempat Anda bekerja tidak memberikan kesempatan kepada karyawan berprestasi untuk promosi ke jenjang karir lebih tinggi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan tempat kerja yang lain.

Untuk informasi tambahan Anda bisa lihat "program seminar dan workshop" Entrepreneurship kami

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International