:: FAQ

Tak lama lagi saya akan memasuki pensiun. Untuk menjadi wirausaha, saya bingung mau berbisnis apa...
View : 936 times

Sebagian besar orang tidak berkarir pada profesi idamannya. Mereka menjalaninya sekian puluh tahun karena "tidak ada pilihan lain". Satu-satunya yang disenangi dari pekerjaannya hanya ... gajinya. Setelah sekitar 30 tahun hidup dengan pekerjaan yang tidak disukai, hanya menuruti kemauan orang yang menggaji kita, kenapa tidak menggunakan masa setelah pensiun untuk merintis "karir baru" pada bidang yang disenangi. Cukup sudah menjadi "kuli" selama 30 tahun, kini saatnya menjadi "majikan" bagi diri sendiri.
  • Anda mempunyai hobi atau menyukai hal tertentu? Jika Anda menyukai tanaman hias, ikan hias, hewan peliharaan, memancing, hiking & camping, makan enak, jogging, bersepeda, utak-atik mobil, sound-system, koleksi barang, etc, etc .... ;
  • Atau Anda mempunyai pengetahuan dan keahlian tertentu? Atau menurut keluarga, kerabat dan teman-teman Anda memiliki 'kelebihan' pada bidang tertentu;

Anda bisa menjadikannya sebagai ide dasar untuk dikembangkan menjadi suatu bisnis. Bisnis yang paling ideal adalah yang Anda kerjakan dengan ‘passion' (kecintaan). Anda tidak akan merasakannya sebagai pekerjaan, tetapi kesenangan.
Segera mulai menuliskan ide-ide yang muncul, jangan berhenti sebelum menemukannya. Ajak anggota keluarga atau teman-teman membantu Anda. Otak tiga orang biasa lebih berguna daripada otak satu orang yang pintar. (Lihat juga "Business Idea" di Web site ini)

Untuk informasi tambahan Anda bisa lihat "program seminar dan workshop" Entrepreneurship kami

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International