:: FAQ

Saya ingin mempunyai usaha sendiri, tetapi ragu meninggalkan pekerjaan yang sekarang, karena gaji adalah satu-satunya penghasilan bulanan yang menghidupi keluarga saya. Ada saran?
View : 962 times

Keraguan (atau ketakutan) Anda bisa disebabkan Anda belum memiliki rencana yang jelas dengan bisnis yang akan ditekuni, sehingga hasil yang akan diperoleh juga tidak jelas. Ketidak jelasan ini membuat Anda lebih cenderung memilih yang sudah jelas yaitu pendapatan tetap Anda dalam bentuk gaji.

Buatlah rencana bisnis yang jelas: barang atau jasa apa yang akan dijual, siapa konsumennya, dimana menjualnya, siapa yang menjalankan, berapa kebutuhan modal, berapa banyak yang akan dijual, berapa harganya, berapa keuntungannya, bagaimana mengatasi persaingan, bagaimana pertumbuhan bisnis Anda di kemudian hari. Jika dari rencana bisnis ini terlihat keuntungan finansiil yang akan diperoleh dari bisnis Anda jauh lebih besar daripada gaji, Anda akan memiliki keberanian untuk memulai.

Alternatif lain adalah bangun bisnis yang bisa dijalankan sehari-hari oleh anggota keluarga Anda, dan Anda baru meninggalkan pekerjaan sekarang jika usaha sudah semakin maju dan membutuhkan keterlibatan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa lihat "program seminar dan worksop Motivation" kami.

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International