:: FAQ

Apakah keberhasilan seorang pebisnis ditentukan oleh bakat atau faktor keturunan?
View : 1047 times

Tidak. Tidak ada ras atau bangsa yang secara genetika mempunyai DNA bisnis yang lebih unggul. Tetapi lingkungan seseorang dibesarkan, lingkungan pergaulan dan lingkungan berbisnis bisa mempengaruhi keberhasilan seseorang. Orang yang dibesarkan dalam keluarga pebisnis tentu sudah familiar dengan dunia bisnis sejak kecil, sehingga dia lebih berpeluang memulai bisnis dalam usia muda, dan kemungkinan berhasil lebih besar dan lebih cepat dibandingkan seseorang yang dibesarkan di lingkungan keluarga guru, pegawai negri, polisi atau militer. Jika Anda saat ini seorang karyawan, saya sarankan Anda jangan hanya bergaul dengan teman-teman sekantor atau seprofesi, bergaullah dengan pengusaha dari lapisan apa saja, supaya Anda tertular "virus" pebisnis, supaya Anda akrab dengan lingkungan bisnis. Ini akan bermanfaat bagi Anda.

Bisnis itu bisa dipelajari, dan kemudian dipraktekkan. Belajar lagi... praktek lagi... berulang-ulang... itu adalah proses yang tak pernah berhenti... jika ingin sukses terus. Banyak perusahaan lama dan besar kalah bersaing dan tumbang karena berhenti belajar.

Pemerintah Singapura yang memiliki jiwa entrepreneurship, sangat mendorong kegiatan bisnis yang memberikan nilai tambah tinggi di sektor jasa dan manufaktur, sehingga pebisnis Singapura selalu kreatif menciptakan inovasi-inovasi baru. Di Indonesia, banyak pejabat pemerintah yang menganggap pebisnis adalah "sapi perahan", bahkan sejak Anda baru mau mulai mendirikan perusahaan. Yang tidak tangguh... sudah menyerah sebelum mulai.

Untuk informasi tambahan Anda bisa lihat "program seminar dan workshop" Entrepreneurship kami

Jim Mintarja, Founder and Master Coach of ACME Success International