:: About Us

Jim Mintarja, pernah menikmati karirnya yang sukses di sebuah perusahaan swasta yang memasarkan berbagai barang industri. Memulai karir sebagai seorang sales representative pada tahun 1975 hingga menjadi Business Development Manager. Memutuskan mendirikan usaha milik sendiri, karena ingin menentukan penghasilannya sendiri, ingin mempunyai kebebasan menjalankan bisnis yang dipilihnya sendiri, dan terutama ingin menjalani hidup yang sesuai dengan impiannya. Memulai bisnis pada tahun 1995 tanpa menggunakan uang sendiri, tapi menggunakan uang orang lain dengan pola kemitraan. Sukses membangun reputasi bisnis yang baik sebagai pemasok barang dan jasa di beberapa perusahaan pertambangan mineral dan minyak /gas bumi, seperti Vico, Chevron, BP, Total Indonesie, Unocal, Conoco Philips, Star Energy, Antam.

Selama lebih dari 30 tahun dia banyak melakukan perjalanan bisnis ke berbagai daerah di Indonesia, dari Sumatera Utara hingga Papua. Fakta yang dilihatnya, Indonesia adalah negara yang mempunyai kekayaan alam dan kelautan yang berlimpah. Namun yang menikmati hasilnya adalah terutama perusahaan-perusahaan asing. Bahkan negara tetangga yang lebih kecil daripada Indonesia seperti Singapore dan Malaysia kini menguasai cukup banyak bisnis di Indonesia.

Mengapa demikian? Menurut Jim, penyebab utama adalah lemahnya entrepreneurship pada bangsa Indonesia. Banyak pedagang, tetapi hanya sedikit wirausaha (entrepreneur). Bagian terbesar orang Indonesia yang berpendidikan tinggi lebih suka menjadi karyawan daripada wirausaha. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), bangsa yang kreatif, mampu menciptakan inovasi dan nilai tambah yang besar pada barang dan jasa yang dihasilkan. Tanpa itu, mereka hanya menjadi konsumen, menjadi pasar bagi barang dan jasa negara lain. Dan pada gilirannya tergantung pada bangsa lain.

Bermula dari usaha membantu mitra-mitra UKM di daerah tempatnya berbisnis, dan memberikan konsultasi bisnis dan motivasi gratis kepada teman-teman, kini dalam usianya yang 50-an, Jim merasa ‘terpanggil' untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya melalui seminar dan pelatihan agar semakin banyak orang Indonesia memiliki jiwa kewirausahaan. Kalaupun masih menjadi karyawan, jadilah karyawan yang berjiwa wirausaha, bukan karyawan bermental pegawai. Dia juga berharap semakin banyak orang berani menjadi wirausaha, karena Indonesia membutuhkannya! Untuk mewujudkan impiannya, Jim mendirikan ACME International, lembaga pendidikan dan pelatihan entrepreneurship dan motivasi. Ia ingin memotivasi orang-orang agar mau mengubah cara berpikir, mengubah sikap dan perilaku mereka. Dan juga berani mempunyai impian besar, mau belajar dan mau bekerja dengan pintar.

Website ini Jim dedikasikan kepada orang-orang Indonesia yang ingin maju dan yang ingin memajukan bangsa dan negaranya. Bergabunglah menjadi bagian dari manusia sukses Indonesia. Bagikan dan beritahukan website www.JimMintarja.com ini kepada kerabat dan teman-teman Anda.